Selasa, 21 Oktober 2014

Yoghurt Jadi Camilan Resmi New York

ATAS usul bocah siswa sekolah dasar, yoghurt menjadi cemilan resmi Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS). Ide brilian siswa kelas 4 tersebut sekaligus merayakan status New York sebagai produsen terbesar produk susu fermentasi tersebut di `Negeri Paman Sam'. “Ini pengakuan yang tepat akan pentingnya industri yoghurt di negara yoghurt di negara bagian ini,“ cetus Gubernur Andrew Cuomo pada saat acara peresmian yang dilakukan Rabu (15/10) .

Siswa yang mengusulkan yoghurt sebagai camilan resmi negara bagian itu tinggal di Genesee County yang terletak di barat New York. Wilayah itu merupakan basis peternakan sapi dan pengolahan yoghurt di negara bagian itu. New York sendiri mencatat produksi yoghurt sebanyak 370.500 ton pada tahun lalu. Jumlah itu naik dari produksi tahun sebelumnya yang sebanyak 347.500 ton.Sementara itu, produsen yoghurt terbesar kedua di AS, California, mencatat produksi sebanyak 295.500 ribu ton pada 2013.

Meski ide itu berasal dari bocah kelas 4 SD, justru anggota parlemen terlihat layaknya anak kecil yang berdebat sengit memperjuangkan makanan favoritnya. Selama 45 menit, mereka berada dalam diskusi panjang memperdebatkan perbedaan dan keunggulan camilan satu dengan lain, termasuk kue-kue, keripik kentang, dan pretzel, sebagai camilan yang layak dipilih mewakili New York.
Dalam voting, suara terbanyak jatuh ke makanan bertekstur dan beraroma unik itu. Senator Michael Ranzenhofer ialah anggota senat yang memperjuangkan yoghurt di parlemen.

Kendati begitu, ia menilai penghargaan patut diberikan kepada para siswa SD yang telah memberi ide tersebut. “Anak-anak kelas empat di Sekolah Dasar Byron-Bergen pantas mendapatkan semua kredit,“ cetusnya. Sebelumnya, Negara Bagian Utah menjadikan jell-o sebagai camilan resmi negara bagian pada 2001. Pada 2003, Texas menjadikan keripik tortilla dan salsa dari Tex Mex sebagai makanan ringan resmi negara bagiannya.

Cemilan itu dipilih lantaran makanan itu memiliki peran ekonomi yang penting dalam mengembangkan pertanian jagung, bawang, dan tomat yang dihasilkan negara bagian tersebut. Kacang rebus menjadi camilan resmi North Carolina pada 2006 lantaran nilai sejarahnya. Kacang rebus dibawa ke North Carolina oleh para budak Afrika sebelum Perang Saudara.

Sementara itu, popcorn (berondong) menjadi camilan resmi Negara Bagian Illinois pada 2003. Walakin, Indiana, Iowa, dan Nebraska merupakan produsen jagung terbesar. Seperti di New York, Illinois menjadikan popcorn sebagai camilan resmi atas usul seorang siswa sekolah dasar.(WashingtonTimes/TheWire/ Dero Iqbal Mahendra/E-6) Sumber : Media Indonesia, 21/10/2014, Halaman : 17