Selasa, 16 Juli 2013

Kepiting Dandito Makanan Khas Balikpapan

Jika anda berkunjung ke Balikpapan, atau sekedar singgah sebelum melanjutkan perjalan ke daerah lain di Kalimantan Timur, tak lengkap rasanya bila belum mencicipi kepiting aneka saos. Berlokasi di Jalan Marswa Iswahyudi, tak jauh dari Bandara Internasional Sepinggan. Restoran Dandito menawarkan berbagai menu olahan berbahan baku kepiting. Mulai dari kepiting saos aneka rasa, pepes kepiting, kepiting goreng hingga apon kepiting.

Menu andalan Dandito adalah kepiting saos spesial Dandito dan kepiting rasa saos lada hitam. Rasa saos Dandito yang berwarnamerah dan kental merupakan hasil inovasi yang diciptakan sang pemilik restoran, Rudy Setiawan. Pun kepiting saos lada hitam, sensasi pedas dan aroma lada yang disajikan menu ini, merupakan hasil kreasi Rudy Setiawan. Bahkan, dua menu olahan kepiting tersebut menjadi makanan khas Balikpapan.

Kepiting Dandito, Bisnis Indonesia 7 Juli
Kepiting saos spesial Dandito adalah hasil campuran dari aneka bumbu yakni jahe merah, tomat merah, bawah merah, gula merah dan cabe. Racikan bermacam bumbu tersebut melahirkan rasa campuran asam, manis dan pedas. Kenikmatan saosnya yang agak kental begitu lezat mengalir di lidah.

Bagi pengunjung dan penikmat kuliner yang ingin mencicipi rasa pedas dari lada, kepiting saos lada hitam patut dijajal. Menu lain yang bisa dinikmati di restoran ini adalah kepiting soka, sop kepiting, sop asparagus, kepiting saos tiram, goreng mentega, rebus masak tim, udah gala/ mahakam, cumi-cumi dan ikan goreng/ bakar. Pilihan sayur yang disajikan yakni cah kangkung, cah sawi, cah taoge, cap cay dan cah taoge ikan asin.

Harga perporsi untuk berbagai macan rasa saos kepiting tersebut, tergantung jenis kepiting yang dipilih. Untuk kepiting jantan/ super satu porsi Rp 150.000, kepiting betina/ telur Rp 160.000, kepiting soka (soft shell) Rp 140.000. Kepiting soka merupakan jenis kepiting yang kulit cangkangnya lunak, bisa langsung dimakan. Digoreng dengan balutan tepung, kepiting soka rasanya renyah dan gurih.

Kualitas Ekspor.
Seporsi kepiting berisi dua tau tiga ekor kepiting, tergantung besar kecilnya ukuran kepiting. Kepiting yang diolah di restoran Dandito memiliki kualitas ekspor dan disuplai dari lokal.

Rudy berkisah awal mula dirinya terjun ke bisnis restoran dimulai sejak 2002 ketika pensiun dari perusahaan minyak dan gas. Memulai bisnis kecil dari bisnis kafe., Rudy mengklaim tak bisa mendulang kesuksesan. Kemudian beralih ke aneka masakan seperti nasi campur dan sate juga masih gagal. Akhirnya, Rudy pun terinpirasi dari dua restoran besar yang ketika itu secara kebetulan berdekatan dengan lokasinya dan ramai dikunjungi pelanggan. "Saya mencoba mencoba membuka peruntungan disitu dan memulai bisnis kepiting dan ikan bakar," katanya.

Kerja keras itu menuai hasilnya. Dari awal hanya 2 kilogram kepiting., Rudy pun mulai meningkatkan kapasitas menjadi 10 kilogram kepiting setiap hari.

Restoran Dandito juga sipa menerim pesan antar luar kota diseluruh wilayah Jakarta dan Surabaya, serta Jogyakarta. Bagi mereka yang tidak sempat mampir ke restorannya, Rudy membuka konter khusus pemaketan ukuran 1 kilogram di Bandara Sepingga. Pada awal Juli 2013 ini, Rudy berekpansi dengan membuka restoran Dandito denga tampilan yang lebih gres di Bandara Sepinggan dan destinasi kuliner anyar ini buka selama 24 jam. Sumber Bisnis Indonesia, 7 Juli - Resep Makanan dan Minuman Khas Indonesia