Minggu, 24 November 2013

Lima Pangan Fungsional Yang Patut Dicoba

Bila ingin mencoba pangan fungsional, pilihlah dengan bijak. Bagaimanapun pangan fungsional tak bisa mengubah pola makanan buruk anda. Tapi, kelima jenis pangan fungsional di bawah ini patut dicoba dalam menu diet anda.

1. Ikan laut dalam
Contoh ikan laut adalah adalah sarden dan salmon. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan perkembangan dan fungsi otak. Jumlah takaran saji yang direkomendasikan adalah 8 ons ikan perminggu.

2. Kacang-kacangan

Jenis makanan ini bisa menjadi kudapan sehat karena mengenyangkan sekaligus mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jenis kacang mete dan kacang almond bahkan kaya akan magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah, sedangkan pecan dan walnut bisa menurunkan kolesterol.

3. Biji-bijian
Oat dan barley adalah contoh serealia yang direkomendasikan. Keduanya memiliki karakteristik yang sama, yakni kaya akan serat, membantu menurunkan kolesterol, dan mengontrol gula darah pada tubuh.

4. Buncis
Tahukah anda buncis ternyata merupakan sumber serat yang dapat larut dengan tinggi? Dengan rajin mengkonsumsi buncis, risiko kanker usus, payudara dan saluran pembuangan menurun. Lebih optimal lagi jika yang anda konsumsi adalah buncis segar.

5. Aneka Beri
Apakah stroberi, cranberi, bluberia atau blackberi, semuanya merupakan kelompok pangan fungsional? Tak hanya rendah kalori, pigmen antosianin yang terkandung memberikan ekstra manfaat bagi kesehatan anda.



Sumber Media Cetak : Media INdonesia, 20 November 2013