Senin, 13 Oktober 2014

Mencicipi Hidangan Italia dari Negeri Sakura

Ini kisah tentang perkawinan kuliner Italia dan Jepang. Hasilnya bisa dinikmati di Popolamama.
SECANGKIR ocha (teh hijau) panas tersaji di atas meja. Di sisicangkir mengepul itu, ada pizza dan pasta khas masakan Italia.Pemandangan demikian tentu tidak lazim di restoran Italia mana pun. Akan tetapi, perkawinan hidangan Jepang dengan Italia itu bisa ditemukan di Popolamama.

Selasa (16/9), kami mengunjungi cabang Popolamama di Sudirman Plaza. Begitu masuk, kami disambut dengan nuansa interior modern, dapur terbuka dengan stone oven berpenampilan klasik amat menarik perhatian. Di dalam dapur, juru masak terlihat cekatan menyiapkan hidangan yang dipesan. Uniknya, adonan pizza di Popolamama di bentuk dengan ditarik tangan, bukan digiling.

“Kami menyaji kan pizza crust bergaya Napoli dengan topping yang lebih sederhana,“ jelas General Manager Popola mama Farah Milda. Napoli merupakan kota terbesar ketiga di Italia dan dikenal sebagai tempat pizza pertama berasal. Jika pizza gaya Amerika adonannya dibuat tebal, pizza ala Napoli tipis, rentan disobek. Karena tipis, pizza jenis itu tidak menggunakan terlalu banyak taburan di atasnya. adalah salad jamur Jepang yang Japanese dressing. Rasa saladnya lezat dan kian kaya dengan taburan lembaran nori alias rumput laut.

Bila sedang tidak berniat makan salad sebagai pembuka, bolognese potato gratin bisa menjadi pilihan. Rasa kentang berbaur dengan saus bolognese dan cam puran keju cheddar serta mozarella. Seusai cicip-mencicip makanan pembuka, kami menikmati pasta unggulan Popolamama. Hal paling menyenangkan dari tempat itu ialah banyaknya pilihan rasa. Dengan dominasi warna hijau, pep peroncino basil dengan kentang dan sosis ayam, sejujurnya tidak terlihat menggoda. Namun, setelah dicicipi, rasa rempahnya ternyata lembut di lidah, terasa betul sebagai hidangan sehat.

Ada pula wafusoy sauced based pasta yang dengan berani mengawinkan cita rasa Italia dan Jepang di atas mangkuk pasta. Sapi asap dan rucola, juga bayam, dibubuhi saus kecap Jepang. Jika suka hidangan laut, mereka menawarkan pasta variasi seafood dengan pilihan cumi, kepiting, atau udang. Dengan dasar saus tomat, pasta cumi terasa masam.

Jika Anda cukup berani menantang lidah, pilihlah yokubari aglio olio. Di dalamnya ada sosis ayam, sapi asap, jamur Jepang, dengan brokoli dan terong. Komposisi pasta satu itu memang sesuai dengan namanya, yakni yokubari yang artinya mencampurkan segalanya.

Apapun campurannya, pasta yang digunakan di Popolamama merupakan jenis al dente. “Kami hanya menggunakan fresh pasta berbahan dasar 100% tepung durum semolina dengan protein tinggi,” ungkap Farah soal rahasia tekstur kenyal dan agak basah dari pasta mereka. Jika Anda cukup berani menantang lidah, pilihlah yokubari aglio olio. Di dalamnya ada sosis ayam, sapi asap, ja mur Jepang, dengan brokoli dan terong.Komposisi pasta satu itu memang sesuai dengan namanya, yakni yokubari yang artinya mencampur kan segalanya.

Apapun campuran nya, pasta yang digu nakan di Popolamama merupakan jenis al dente. “Kami hanya menggunakan fresh pasta berbahan dasar 100% tepung durum semolina dengan pro tein tinggi,“ ungkap Farah soal rahasia tekstur kenyal dan agak basah dari pasta mereka.

Pizza Makan pasta dan pizza di Popolamama sebaiknya tidak sendirian. Lebih asyik jika mencoba beberapa menu dan kemu dian berbagi. Satu porsi pizza biasanya bisa dinikmati 2-3 orang.

Cobalah classic pizza margherita. Tampilannya simpel dengan dasar saus tomat, basil, dan keju mozzarella. Lalu ada pizza diavola dengan topping sosis sapi pedas dan lelehan keju. Jika masih terobsesi oleh paduan Jepang-Italia, pilih pizza dengan tiga jenis jamur Jepang. Meski adonannya tipis dan tidak banyak diberi taburan, ternyata pizza gaya Napoli tidak hanya crispy, tetapi juga kenyal dan nikmat.

Menurut Farah, tekstur demikian diha silkan oleh oven batu yang mereka guna kan. “Pizza ini dipanggang dengan stone oven bersuhu Sisakan kapasitas perut untuk kejutan akhir. Cobalah apple cinnamon pizza sebagai hidangan penutup. Pizza dengan irisan apel tipis di atasnya itu membuat kami kehilangan kata-kata. Rasanya manis dan meleleh di lidah, sungguh penutup yang sempurna.

Ada pilihan hidangan penutup lain di Popolamama, di antaranya kue hazelnut dark chocolate dan apple pie yang lumer di lidah. Meski begitu, rasanya sangat disayangkan bila Anda lewatkan kesempatan dibuai oleh rasa pizza manis yang ditawarkan.

Buktikan sendiri kalau tidak percaya! Di Indonesia, sudah ada tiga gerai Popolamama. Selain di Sudirman Plaza, cabang lainnya ada di Mall Taman Anggrek dan Grand Indonesia. Popolamama merupakan restoran Italia asal Jepang.

Setelah membuka lebih dari 150 gerai di Negeri Sakura, mulai beberapa bulan lalu Popolamama buka di Indonesia. Hal itu menjelaskan mengapa ada sentuhan Jepang dalam menu-menu Italia di dalamnya. Selain 20 menu utama, sejauh ini ada tujuh jenis hidangan pembuka dan pilihan minuman. Ocha biasanya menjadi pilihan favorit, tetapi green apple kiwi mereka juga rasanya segar.

Atau kalau mau menutup santap dengan gaya Italia, akhiri dengan secangkir kopi carraro. Komposisi kopinya 90% arabika dan 10% robusta. (M-3) Media Indonesia, 12/10/2014, hal : 23