Jumat, 30 Mei 2014

Alternatif Menyesap Kopi Panas

LAYAKNYA fesyen, menyesap kopi juga punya tren tersendiri. Yang terbaru ialah memadukan kopi panas dengan es krim dingin dalam satu cangkir. Hasilnya ciamik.

Gaya meminum kopi itu disebut sebagai affogato. Affogato merupakan penyajian kopi espresso khas Italia. Dinamai demikian disesuaikan dengan artinya, yakni tenggelam dalam kopi. Es krim yang disajikan di atas lapisan kopi perlahan-lahan mencair dan melebur dalam larutan kopi panas.

Dikutip dari laman Breweddaily.com, resep dasar affogato tak terbatas pada satu jenis kopi dan es krim. Anda bisa berkreasi dengan beragam varian kopi dan rasa es krim. Akan tetapi, pemerhati kopi Tony Wahid menyarankan rasa cokelat dan vanila sebagai penyeimbang rasa.

Sebagai pecinta kopi, Tony menyarankan kopi diseduh dengan menggunakan air panas bersuhu sekitar 80 derajat celsius. Suhu tersebut tepat untuk mempertahankan antioksidan sekaligus aroma dasar dari kopi Anda. Suhu yang lebih tinggi justru akan merusak aroma dan memengaruhi kenikmatannya.

Anda bisa menggunakan kertas filter atau alat yang dinamakan French Press untuk memisahkan ampas dari larutan kopi. Setelah kopi siap, tambahkan es krim pilihan di atasnya. Alternatif lainnya ialah dengan mencelupkan es krim stik ke dalam kopi panas. (Din/S-1) Media Indonesia, 23/05/2014, halaman 25