Jumat, 06 Maret 2015

REKOMENDASI Robatayaki, Satai Khas Jepang

JEPANG bukan hanya sushi dan bento. Robatayaki (satai khas Jepang) dan yakitori (satai ayam) turut hadir meramai kan kuliner khas Negeri Sakura ini di Jakarta.

Satai khas Jepang ini berisi daging yang di tusuk dan dipanggang, lalu ditambah berbagai bumbu seperti miso atau pun teriyaki. Kedua jenis satai ini bisa ditemukan di Roba Yakitori, restoran dengan spesialisasi yakitori pertama di Indonesia yang berlokasi di lantai 3 Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Sesuai dengan namanya, Roba Yakitori berasal dari kata robatayaki dan yakitori (satai ayam). Sajian pada menu yakitori yang dapat dicicipi ialah seafood, daging ayam, dan sapi, hingga inovasi menu hidangan ala Jepang dengan sentuhan yang modern.

Beberapa yakitori yang menjadi andalan dan patut dicoba adalah yakitori chicken leg miso yang terbuat dari potongan daging ayam bagian paha yang dipanggang dan diberi saus miso yang bercita rasa asin dan gurih, serta tekstur daging ayam yang lembut terasa begitu memanjakan lidah.

Menu lain ialah salmon wasabi but ter. Ini adalah ikan salmon segar yang dipanggang bersama campuran butter yang gurih dan wasabi dengan sensasi pedas.

Jika suka daging, silakan pilih beef tenderloin garlic mirin yang mengguncang anda dengan kelembutan daging sapi khas dalam yang disajikan dengan creamy sauce yang ditaburkan dengan irisan bawang putih goreng. Rasa asin gurih serta ras khas dari bawang putih akan menambah sensasi kenikmatan Anda. Anda pun patut mencoba pilihan rasa dengan bumbu teriyaki yang memberi cita rasa alami khas Jepang, manis gurih.

Untuk anda yang tidak memakan daging, dapat memilih menu vegetarian, yaitu pumpkin garlic mirin. Ini terbuat buah labu dengan tingkat kematangan yang bagus berpadu dengan bumbu garlic mirin sensasi rasa manis dan asin gurih akan membuat anda tetap terlena dengan rasa otentik khas Jepang. Pilihan lainnya ada sajian serupa, yaitu shitake teriyaki, juga eggplant teriyaki.

Sajian yakitori ini ada yang disajikan secara terpisah dan ada juga yang disajikan dengan nasi dan salad dalam paket bento. (*/M-5) Media Indonesia, 1 Maret 2015, Halaman 23