Selasa, 02 Desember 2014

Segudang Kenikmatan bagi Penikmat Kopi

KINI sering kali dijumpai kedai kopi berderet dalam satu kawasan. Penjamur an ini terjadi seiring dengan gaya hidup masyarakat metropolis yang gemar meminum kopi di gerai kopi. Namun, hanya segelintir coffee shop yang berdiferensiasi demi memuaskan para penikmat biji hitam itu. KOKIcafe menjadi salah satu kedai yang menawarkan kenikmatan kopi sekaligus suasana nyaman.

“Kalau untuk konsep kafe yang menyediakan makanan Palembang sepertinya baru kami, ada tempat makan serupa tetapi konsepnya resto. Kafe kan titik tekannya pada kenyamanan, pelayanan, dan fasilitas, begitu juga dengan harga sesuai kualitas,” tutur Direktur Utama PT Koki Citarasa Utama, R Kanuyoso S Kusumo, sembari memberikan rentang harga makanan dan minuman di KOKIcafe, Rp20 ribuRp80 ribu.

Pria yang akrab di sapa Sonny itu bercerita dirinya tetap berusaha maksimal untuk memopulerkan KOKIcafe. Di samping sederet keunikan di atas, ia masih memberikan promosi menarik untuk mendatangkan keramaian. Bah kan, imbuh Sonny, setiap acara pembukaan pertama sebuah gerai, pihaknya memberikan uang kembali hingga 100 persen.

Promosi lain dengan memberi kan potongan harga bagi pengguna kar tu kredit. Sebelumnya KOKIcafe bekerja sama dengan Bank Mandiri dan BCA. Saat ini bisnisnya bekerja sama dengan Bank Mega.

Pengunjung yang memiliki kartu anggota KOKIcafe pun berhak mendapat potongan harga. Cara untuk menjadi ang gota pun mudah, pengunjung hanya perlu bertransaksi sejumlah Rp200 ribu atau membeli kartu anggota seharga Rp25 ribu.

Konsep makanan jelas didukung dengan target pasar yang pasti. Ia tegas menyatakan perseroan memang menyasar kalangan menengah ke atas sebagai salah satu konsumernya. “Kami juga meminta kepada penanggung jawab gerai agar menjalin relasi dengan mitra potensial yang berada di daerah sekitar. Untuk menghasilkan tawaran promosi,” cetus Sonny.

Imbas dari segudang kenikmatan yang ditawarkan, pengunjung rela berla ma-lama di gerainya. “Kenyamanan memang ditekankan, dengan begitu kon sep word of mouth akan berjalan tanpa diminta. ” Tak berhenti di situ, Sonny mengungkapkan terdapat keunikan pada tiaptiap gerai. Contohnya ialah KOKIcafe yang berada di gedung sendiri. Kedai itu memberikan penawaran lain berupa menu sarapan sepuasnya.

Pun menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari nasi uduk, bubur ayam, bubur kacang hijau, hingga roti bakar, dan cereal. Untuk minumannya, tersedia dalam pilihan kopi, teh, dan jus buah. Sering kali, kata Sonny, ibu-ibu datang sehabis senam pagi hanya untuk menikmati sarapan di KOKIcafe. Manajemen sempat mengubah menu sarapan menjadi ala carte, tetapi pengunjung banyak yang mengeluh dan meminta agar dikembalikan seperti semula.

“Dengan merogoh kocek Rp25ribu, bisa sarapan sepuasnya ha ha ha. Kalau ala carte kan sudah disiapkan, enggak bisa sepuasnya. Tetapi mereka senang sepuasnya ya kami kembalikan konsepnya,” tawa Sonny.

Sonny pun sempat mendapat saran dari pengunjung. Namun, hal terse but tidak berkaitan dengan rasa masakan. Banyak pengunjung yang meminta dihadirkan live music, selama ini KOKIcafe hanya memutar alunan lagu soft music. Manajemen menyambut dengan mempertimbangkan usulan itu. KOKIcafe diharap tidak sekadar menjadi merek, tetapi bisamenghasilkan produk. (Wnd/E-5) Media Indonesia, 28/11/2014, halaman 15