Selasa, 02 September 2014

Kiwi, Bantu Pencernaan hingga Perbaiki Mood

KONSUMSI buah-buahan senantiasa dianjurkan para ahli kesehatan. Pasalnya, buah mengandung berbagai unsur gizi yang penting bagi tubuh.Di antara berbagai jenis buah, kiwi tergolong buah yang sarat gizi. Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Fiastuti Witjaksono SpGK, setidaknya ada tiga keunggulan utama buah kiwi jika dibandingkan dengan buah jenis lainnya.

“Kiwi memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, serta enzim actinidin yang membantu pencernaan protein,” ujarnya pada diskusi kesehatan yang diselenggarakan merek buah kiwi Zespri, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Nilai kandungan vitamin C bervariasi pada berbagai jenis kiwi. Pada kiwi jenis sun gold

Tingginya kandungan vitamin C itu tidak hanya membuat kiwi ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh dan berperan sebagai antioksidan pencegah penuaan dini, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga suasana hati (mood).

“Penelitian di University of Otago, Selandia Baru, membuktikan konsumsi kiwi gold dua buah per hari bermanfaat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan dan depresi. Yang istimewa, vitamin C dari buah kiwi terbukti mampu bertahan lebih lama di dalam tubuh,” kata Fiastuti. Media Indonesia, 27/08/2014, hal 25