Jumat, 20 September 2013

Suplemen Tidak Selamanya Bagus

Sebuah studi baru menemukan fakta mengejutkan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen antioksidan secara rutin takkan hidup selama orang yang tidak mengonsumsi antioksidan.
Bahkan review yang sama mengklaim ada antioksidan tertentu yang semakin memperpendek umur orang yang mengonsumsinya.

Review yang dilakukan sekelompok peneliti dari Denmark ini seperti dialnsir detik.com melaporkan partisipan yang mengonsumsi tiga jenis antioksidan; beta-karoten, vitamin E dan vitamin A dosis tinggi cenderung berisiko tinggi meninggal dunia lebih cepat daripada partisipan yang tidak mengonsumsi ketiganya.

Peneliti Dr. Pieter Cohen, pakar keamanan suplemen diet dan dokter spesialis penyakit dalam dari Cambridge Health Alliance in Somerville, Mass mengatakan sebenarnya studi ini hanya memastikan apa yang selama ini sudah kita ketahui, suplemen antioksidan tidaklah efektif untuk menyelamatkan nyawa seseorang atau membuat seseorang menjadi lebih sehat.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti membandingkan tingkat kematian partisipan yang mengonsumsi sedikitnya lima jenis suplemen antioksidan; beta-karoten, vitamin A, C, E dan mineral selenium, dengan partisipan yang hanya menerima plasebo atau tidak mengonsumsi apapun.

Suplemen ini takkan banyak membantu , bahkan sejumlah studi berskala besar menunjukkan suplemen ini justru berbahaya. Misalnya konsumsi suplemen vitamin E dikatakan dapat meningkatkan risiko (kanker prostat, dan suplemen vitamin A diduga dapat meningkatkan risiko patah tulang. (Sumber:zamrudtv.com) - Resep Makanan