Senin, 27 Oktober 2014

Lebih Rileks Minum Teh Bersama

HAMPIR di berbagai belahan dunia, teh dianggap bagian dari sejarah, budaya, status, dan kepribadian bangsa termasuk Indonesia. Teh juga menjadi hidangan yang umum disajikan kepada para tamu di tengah perbincangan formal ataupun informal. Gaya itulah yang dipilih Presiden ke-7 Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan susunan kabinet yang akan membantunya kepada publik, sore ini.

"Sebanyak 34 nama menteri terpilih datang ke Istana Merdeka.Suasana perkenalan akan berlangsung santai dan hangat sembari menikmati teh di sore hari,“ kata mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Istana Negara, kemarin.

Minggu, 26 Oktober 2014

Memasak pun Bisa dengan Peranti Halal

DALAM beberapa tahun belakangan, produk dan layanan halal perlahan-lahan mulai berkembang menjadi bagian dari gaya hidup baru. Mulai dari produk jasa keuangan, turisme, fesyen, sampai obat kumur. Produsen peranti masak rupanya juga tidak ingin ketinggalan perkembangan tersebut. Salah satunya ialah PT Maxim Houseware yang kema rin merilis produk peranti masak antilengket besertifi kat halal pertama di dunia.

Menurut Branch Manager PT Maxim Houseware Indonesia John Welli, besarnya pasar muslim di Indonesia ialah salah satu faktor mengapa pihaknya menciptakan alat masak berlapis tefl on dengan sertifi kat halal. Adapun hasil riset terbaru yang menyimpulkan hampir 94persen perempuan muslim modern mengecek label halal pada produk-produk yang mereka konsumsi atau gunakan, terutama di kosmetik.

Selasa, 21 Oktober 2014

Yoghurt Jadi Camilan Resmi New York

ATAS usul bocah siswa sekolah dasar, yoghurt menjadi cemilan resmi Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS). Ide brilian siswa kelas 4 tersebut sekaligus merayakan status New York sebagai produsen terbesar produk susu fermentasi tersebut di `Negeri Paman Sam'. “Ini pengakuan yang tepat akan pentingnya industri yoghurt di negara yoghurt di negara bagian ini,“ cetus Gubernur Andrew Cuomo pada saat acara peresmian yang dilakukan Rabu (15/10) .

Siswa yang mengusulkan yoghurt sebagai camilan resmi negara bagian itu tinggal di Genesee County yang terletak di barat New York. Wilayah itu merupakan basis peternakan sapi dan pengolahan yoghurt di negara bagian itu. New York sendiri mencatat produksi yoghurt sebanyak 370.500 ton pada tahun lalu. Jumlah itu naik dari produksi tahun sebelumnya yang sebanyak 347.500 ton.Sementara itu, produsen yoghurt terbesar kedua di AS, California, mencatat produksi sebanyak 295.500 ribu ton pada 2013.

Minggu, 19 Oktober 2014

Suguhan Lokal dalam Kemasan Kekinian

Di Bengawan Solo, rasa lokal tetap dapat dicecap meski aneka menu tradisional disajikan dengan sentuhan internasional. KULTUR Jawa di restoran milik Hotel Grand Sahid Jaya itu terasa kental, persis seperti namanya, Bengawan Solo. Sebelum memasuki daun pintu lebar dengan kaca, kami disambut oleh punakawan dalam bentuk wayang golek. Manajer PR Hotel Grand Sahid Jaya, Putri Pratiwi, mengatakan tokoh punakawan menjadi ikon dari restoran yang baru saja mengalami renovasi di bagian desain.

Pemilihan unakawan merujuk pada salah satu sifat mereka yang dapat menjadi penghibur di kala susah dengan perilaku jenaka. Soal olah-mengolah makanan, dia menyebutkan ada dua koki di restoran Bengawan Solo, satu koki lokal untuk urusan rasa, satu lagi koki asing untuk tampilan makanan.

Senin, 13 Oktober 2014

Mencicipi Hidangan Italia dari Negeri Sakura

Ini kisah tentang perkawinan kuliner Italia dan Jepang. Hasilnya bisa dinikmati di Popolamama.
SECANGKIR ocha (teh hijau) panas tersaji di atas meja. Di sisicangkir mengepul itu, ada pizza dan pasta khas masakan Italia.Pemandangan demikian tentu tidak lazim di restoran Italia mana pun. Akan tetapi, perkawinan hidangan Jepang dengan Italia itu bisa ditemukan di Popolamama.

Selasa (16/9), kami mengunjungi cabang Popolamama di Sudirman Plaza. Begitu masuk, kami disambut dengan nuansa interior modern, dapur terbuka dengan stone oven berpenampilan klasik amat menarik perhatian. Di dalam dapur, juru masak terlihat cekatan menyiapkan hidangan yang dipesan. Uniknya, adonan pizza di Popolamama di bentuk dengan ditarik tangan, bukan digiling.

Sabtu, 04 Oktober 2014

Inovasi Jadikan Bisnis kian Kriuk

Bisnis penganan sedap berbahan ikan ini memang diturunkan antargenerasi, tapi inovasi membuat kualitas dan omzet terdongkrak. DENGAN cekatan, Eva Yunus, 47, menata kerupuk tenggiri dan kelempang atau kemplang de ngan label cap Ikan Belido di rak-rak tempat ia berjualan di Jalan KHA Azhari No 575, Ulu Laut, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Ia dibantu 15 asistennya mengelola usaha makanan khas Palembang sejak 1990-an.Wilayah Ulu, terutama 1 Ulu hingga 7 Ulu, dikenal sebagai kawasan pembuat makanan khas Palembang, mulai dari pempek, kemplang hingga kerupuk. Usaha yang dirintis Eva Yunus yang memiliki nama asli Nyi Mas Zulva Kartika itu merupakan warisan orangtuanya. Dahulunya, orangtua Eva ialah pembuat kuliner khas Sumatra Selatan pada 1970-an.