Jumat, 30 Mei 2014

Alternatif Menyesap Kopi Panas

LAYAKNYA fesyen, menyesap kopi juga punya tren tersendiri. Yang terbaru ialah memadukan kopi panas dengan es krim dingin dalam satu cangkir. Hasilnya ciamik.

Gaya meminum kopi itu disebut sebagai affogato. Affogato merupakan penyajian kopi espresso khas Italia. Dinamai demikian disesuaikan dengan artinya, yakni tenggelam dalam kopi. Es krim yang disajikan di atas lapisan kopi perlahan-lahan mencair dan melebur dalam larutan kopi panas.

Kamis, 29 Mei 2014

Sajian Kopi Dingin

Meski sajian kopi panas dianggap lebih nikmat, produk minuman kopi dalam kemasan yang disajikan dingin ternyata tetap menarik minat. SEBUAH survei kecil-kecilan yang digelar oleh Life’s Little Mysteries menyebutkan bahwa 79% responden menyukai kopi yang disajikan panas, sedangkan 19% responden lainnya memilih sajian kopi dingin. Hanya sedikit yang menganggap sajian kopi bersuhu ruang lebih enak untuk dinikmati.

Preferensi itu tak terlepas dari persepsi rasa yang dihasilkan oleh reseptor indra pengecap kita. Mengutip laman Livescience.com, sebuah studi yang dilakukan Laboratory of Ion Channel Research Kuba menemukan bahwa reseptor pada lidah lebih sensitif terhadap rasa ketika minuman disajikan dalam suhu 20-35 derajat celsius. Artinya, indra pengecap kita tak selalu mengenali molekul dari minuman yang disajikan dengan suhu di atas atau di bawah rentang tersebut.

Rabu, 21 Mei 2014

Rasa Sisilia di Bintaro

Italia tampil paripurna, bahkan cita rasa dari dapur rumah ibu sang pemilik di Pulau Sisilia dihadirkan di sini. MARI menyerap rasa cinta dari sajian karya pasangan Maria Coglitore, 42, dan Pino Cog litore, 57, di Signora Pasta. Kehangatan itu bahkan terasa dari suasana restoran yang menyajikan kuliner tradisi Italia itu. Kami menyambangi restoran di Bintaro Entertaiment Centre, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (14/5) lalu. Kisah Signora Pasta berawal dari pertemuan Maria yang berdarah Palembang dengan Pino yang asli Sisilia, Italia. Mereka jatuh cinta, menikah lalu sempat hijrah ke Italia selama satu dekade. Di sana, mereka berbisnis desain sepatu.

Kamis, 15 Mei 2014

INFO ENAK Agar Buncis Renyah Dikunyah

BUNCIS dengan taburan daging cincang bisa jadi menu yang lazim ditemui di restoran menu Tiongkok. Namun, ternyata menu di Delima Restaurant di Best Western Hariston, Pejagalan, Pejaringan, Jakarta Utara, yang dinamai Tumis Baby Buncis ala Szechuan ini merupakan salah satu kuliner autentik. Di negeri asalnya, sajian ini sangat populer.

Kami mencicipinya dalam jamuan makan malam bertajuk Chinese Vintage Style 1920 di Delima Restaurant, 19 Maret lalu.

Rabu, 07 Mei 2014

REKOMENDASI Bebek Amerika, Bumbu Indonesia

OLAHAN bebek punya daftar panjang penggemar. Rumah makan yang menjadikan bebek sebagai bintang utama selalu punya pelanggan fanatik. Menu Lamien Bebek Peking di Kokoo Restaurant di Hotel Amos Cozy, kawasan Blok M, Jakarta selatan, bisa jadi opsi para penyuka bebek.

Bebek pekingnya didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Meski di atas meja penyajiannya bergaya fusion, pengolahannya tradisional. Bebek dipotong dan diungkep dengan bumbu kuning sarat kunyit dan rempah. Bebek tak diungkep lama karena akan menyebabkan dagingnya justru alot dan melekat ke tulang. Di sini, daging bebek diungkep selama setengah jam saja.

Sabtu, 03 Mei 2014

REKOMENDASI Rempah Kita, karena Nusantara Kaya

BAGI penikmat masakan khas Nusantara, kini ada satu lagi koleksi tempat yang dituju, yakni Rempah Kita di lantai dasar Plaza Indonesia, Jakarta Pusat yang baru dibuka Kamis (10/4).
Restoran berkapasitas 200 kursi itu menyajikan ragam hidangan Nusantara, seperti makanan Minang, Bali, Manado, dan Yogyakarta. Para pengelana lidah bisa mencecap kelezatan ayam woku dan tumis bunga pepaya berbumbu pandan serta kemangi asal Manado, Sulawesi Utara.

Atau legitnya gudeg yogya yang berpadu dengan sambal goreng krecek dan opor ayam beserta saus areh (santan kental).

Jumat, 02 Mei 2014

Kacang Almond Kudapan Terbaik Untuk Kesehatan

Peneliti nutrisi di California Amerika Serikat merekomendasikan kacang almond untuk kudapan terbaik. Menurut peneliti ini, almond dapat menjaga jantung tetap sehat.Kepala peneliti Dewan Almond California, Dr Karen Lapsley dalam sesi ilmiah mengenai nutrisi masyarakat Amerika di San Diego menyebutkan, mengonsumsi segenggam almond dalam sehari dapat menjaga jantung tetap sehat dan menghancurkan timbunan lemak.