Jumat, 18 April 2014

Keharuman Kopi Mendahului Kesejahteraan Petani

Perjuangan petani kopi Indonesia masih sangat panjang untuk menyamai keharuman nama kopi dari tiap-tiap daerah yang sudah terlebih dahulu terbang ke mancanegara.
SUASANA di sebuah lelang kopi spesial dua tahun lalu begitu meriah. Kopi Toraja menem bus angka mencengangkan, US$45, dan menjadi pembicaraan dunia. Tahun lalu, di acara pameran kopi yang lebih kecil di Surabaya, lagi-lagi kopi Toraja memikat pembeli luar negeri. Kali ini pembeli dari Jepang jatuh cinta dan langsung memesan dua kontainer.

Sabtu, 12 April 2014

Minum Kopi Kurang Risiko Kanker Usus

Minum satu hingga dua cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker usus besar, demikian menurut hasil studi terbaru.Para peneliti mempelajari konsumsi kopi pada sekitar 8.500 orang di Israel, termasuk di antaranya 5.000 penderita kanker kolorektal dan 3.500 orang yang tidak menderita kanker. Mereka rata-rata minum kurang dari dua cangkir kopi sehari.

Hasil studi memperlihatkan, risiko kanker kolorektal pada peminum kopi 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Dan makin banyak orang minum kopi, risiko menderita penyakit ini tampaknya cenderung lebih rendah, kata para peneliti.

Jumat, 11 April 2014

Unggas masih Dilarang Masuk ke Kalimantan Selatan

KEBIJAKAN pelarangan keluar masuknya unggas jenis itik ke Kalimantan Selatan hingga kini masih berlaku karena status siaga flu burung di wilayah tersebut belum dicabut.

Kepala Dinas Peternakan Kalsel, Saberi Madani, mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dan hasil pemantauan terakhir penyebaran virus flu burung yang sebelumnya menyebar di sejumlah kabupaten di Kalsel. “Kita akan meminta laporan hasil pemantauan terakhir, penyebaran virus fl u burung dari kabupaten.

Rabu, 09 April 2014

Harga Cabai Merah di Brebes Turun Drastis

HARGA cabai merah di tingkat petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, turun drastis. Kini, harga cabai merah hanya Rp8 ribu per kilogram. Penurunan harga cabai itu, misalnya, terlihat di Pasar Cabai Sengon, di Desa Sengon, Kecamatan Tanjung. Padahal, harga cabai sebelumnya mencapai belasan ribu rupiah.

Melorotnya harga cabai itu ironis. Sebab produksi cabai di tingkat petani justru sedang merosot. “Biasanya kalau produksi di petani sedang merosot, harga cabai mahal, tapi ini justru turun drastis,” ujar Sarudin, pedagang cabai di Pasar Cabai Sengon, kemarin.

Rabu, 02 April 2014

INFO ENAK Hijau, Sehat dan Segar

RUTINITAS itu telah menjadi bagian dari pagi Emilia E Achmadi. Clinical dietitian tersebut memulai harinya dengan menyeduh teh dengan tahapan serupa.

Air yang telah didihkan dibiarkan 15 menit hingga suhunya turun. Teh hijau kemudian ditambahkan, diseduh, lalu dibiarkan 5 menit. Cangkir keramik adalah yang terbaik kendati stainless steel tetap bisa digunakan.Hangat-hangat, teh diminum dan perempuan yang sempat menangani atlet-atlet nasional itu siap menempuh agendanya hari itu.

Selasa, 01 April 2014

Rasa Italia Gaya Warungan

Italia tampil bersahabat dalam rasa, suasana, dan harga di Seminyak. Inilah buah cinta perempuan Bali dan pria asal Sardinia, Italia.

ITALIA, bagian kultur Eropa yang lekat dengan citra elegan di benak publik negeri ini, tampil dalam wajah berbeda di kawasan Seminyak, Bali.
Karena itu, sebutan tempat makan Italia ala warteg bisa dilekatkan di warung pinggir Jalan Kunti bertuliskan Warung Italia itu. Siang itu, di awal pekan lalu, para pelanggan, sebagian besar berkulit putih alias bule, mengerubungi lemari kaca berisi beragam hidangan khas Italia.